Cover Buku Berbagi Zikir Oleh Yose Sulawu

Cover Buku Berbagi Zikir Oleh Yose Sulawu

Diskusi-diskusi seputar kesusastraan dan kepenulisan di Indonesia hampir sama sekali tidak membicarakan soal penyair perempuan, khususnya mereka yang muslimah. Padahal jumlah muslimah yang menulis puisi tidaklah sedikit. Hanya saja, acapkali proses kepenyairan mereka tersendat-sendat oleh kesibukan rumah tangga.
Sastra memberikan banyak peluang bagi perempuan untuk bisa mengekspresikan diri. Melalui tulisan, perempuan dapat menyampaikan gagasan dan ide terpendam yang selama ini tidak tertuang ke ranah publik. Lewat puisi seorang perempuan dapat mengkomunikasikan semua perasaan, gagasan, dan idenya kepada pembaca.
Namun, menulis saja ternyata tak cukup. Perempuan butuh ruang di mana mereka dapat mempublikasikan karyanya. Kita kira media massa tidaklah cukup memadai untuk hal ini. Oleh sebab itu, Lembaga Seni dan Sastra Reboeng mengambil inisiatif untuk membukukan puisi religi muslimah. Gagasan dan ide para perempuan muslimah ini perlu dipublikasikan dan diberi ruang di tengah-tengah diskusi kesusastraan kita.
Buku ini berisi puisi-puisi dari tiga puluh lima muslimah penyair. Ada beberapa perempuan muda yang juga ikut andil menulis dalam buku ini. Generasi lama dan generasi baru berkumpul dalam satu buku puisi. Proses seleksi puisi dipercayakan kepada Ahmadun Yosi Herfanda dan Ulfatin Ch. Sementara itu, Jamal D. Rahman dan Lily Yulianti Farid mengulas puisi-puisi mereka dengan detail dan menghadirkan beragam perspektif.
“Berbagi Zikir” merupakan buku puisi dua bahasa (Indonesia-Inggris) yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dengan ciamik oleh Aly D. Musyrifah. Untuk memiliki buku ini silakan menghubungi Nurul Ilmi via WhatsApp di 081937754691